Binter Merzy adalah Classic Naked-Bike 200cc Silinder tunggal yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia tahun 1980 silam. Aslinya, Binter Merzy adalah Kawasaki KZ200 (Z200) yang dipasarkan di Jepang, sejak tahun 1976 Silam, dan masih masuk ke dalam klan Z-Series Kawasaki yang melegenda.
Nama Binter sendiri, dicomot dari singkatan “Bintang Terang”… Yaitu nama Distributor Kawasaki di Indonesia tahun 80-an silam, PT. Bintang Terang Indonesia.
Tapi sangat disayangkan, Akibat Binter menutup usahanya pada tahun 1985-1986’an silam. Akhirnya Binter Merzy ini pun harus mengakhiri masa baktinya tepat di tahun yang sama. Padahal, Binter Merzy sempat mendapat respon yang sangat positif dari Konsumen Tanah Air. Karena usut punya usut, Ternyata Merzy adalah motor bermesin 200cc pertama yang dibanderol masuk akal tuh Brosist. . . Dan Binter merzy pun hanya di produksi selama 5 tahun di Indonesia.
Dan usut punya usut, PT. Bintang Terang Indonesia atau “Binter”, Justru menjadi Sejarah Hitam Kawasaki di Tanah Air. Penyebabnya, karena diberitakan pemiliknya adalah Eddy Tansil, yang diduga adalah seorang Buronan Koruptor kelas wahid di Indonesia. . . Dan kasus gulung tikarnya Binter pun, Sering dikaitkan dengan beliau.
Binter Merzy terbagi dari dua generasi, mulai dari desain hingga sistem pengapiannya, di awal tahun pembuatannya yaitu tahun 1980 hingga tahun 1982, Binter Merzy memakai sistem pengapian platina dengan desain yang di dominasi oleh bentuk bulat, seperti gambar di bawah ini
.jpg)

Selanjutnya, dari tahun 1983 hingga tahun1985, Binter merzy pun mengubah sistem pengapiannya dan berubah memakai CDI, tak hanya pengapian, desain nya pun mulai di ubah hingga di dominasi oleh bentuk kotak kotak, seperti gambar dibawah ini

Beralih ke sektor mesin, Binter Merzy alias Kawasaki KZ200 ini mengusung mesin 4-Tak, 198cc, Silinder Tunggal, SOHC 2 Valve, yang di develop untuk kebutuhan sehari-hari ataupun touring ria di akhir pekan. Mengusung mesin berjenis Overbore, Power yang dihasilkan mesin “tradisional” ini masih cukup maknyus loh.
Dengan asupan BBM yang dikawal Karburator Keihin PW26, Powernya diklaim mampu tembus 18 HP @ 8.000 RPM, dengan Torsi maksimal di angka 16,5 N.m @ 7.000 RPM. IMHO, untuk kategori classic bike 200cc jadul, Klaim power Binter Merzy diatas termasuk mantap tuh...
Berikut akan saya tampilkan spesifikasi dari Si Kuda Besi Binter Merzy :
Manufaktur : PT. Bintang Terang Indonesia
Model : Binter Merzy (Kawasaki KZ200)
Tahun Pembuatan : 1980 – 1986
Engine : 4-Tak, Air-Cooled, Silinder Tunggal, SOHC 2 Valve
Bore x Stroke : 66 x 58 mm
Kapasitas Silinder : 198 cc
Rasio Kompresi : 9,0 : 1
Penyuplai BBM : Karburator Keihin PW26
Max Power : 18 HP @ 8.000 RPM
Max Torsi : 16,5 N.m @ 7.000 RPM
Dimensi P x L x T : 1.920 x 780 x 1.050 mm
Tinggi Jok : 775 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.280 mm
Berat Kosong : 126 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 9,5 Liter
Frame : Steel Tube Diamond-Type Frame
Suspensi Depan : Teleskopik Fork
Suspensi Belakang : Dual-Shockbreaker, Tubular Swingarm
Rem Depan : Cakram Hidrolik, Disc 205 mm, Kaliper 1 Piston
Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)
Ban Depan : 2. 75 – 18 Inch
Ban Belakang : 3. 25 – 17 Inch
Well. . . Meskipun harus berakhir karena masalah Internal yang cukup pelik… Tapi Binter Merzy tetaplah “Trully Legend” di kancah persepeda motoran tanah air kita. . . Namanya jelas layak untuk disandingkan dengan legend lain, seperti Honda Tiger, Kawasaki Ninja 150, Yamaha RX-King, serta yang lainnya. . . Oleh karena itu, Tak berlebihan rasanya bila EA’s Blog memberikan Tagline…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar